Inkscape adalah sebuah
software vektor editor grafis mirip dengan Adobe Illustrator, Corel
Draw, Freehand, atau Xara X. Apa yang membuat Inkscape berbeda adalah
penggunaan Scalable Vector Graphics (SVG), standar berbasis XML W3C
terbuka, sebagai format asli.
Inkscape sendiri dimulai pada
tahun 2003 sebagai garpu kode proyek Sodipodi. Sodipodi, dikembangkan
sejak tahun 1999, itu sendiri didasarkan pada Raph Levien Gill (Gnome
Application Ilustrasi).
Garpu dipimpin oleh tim dari
empat mantan pengembang Sodipodi (Ted Gould, Bryce Harrington, Nathan
Hurst, dan MenTaLguY) yang mengidentifikasi perbedaan atas tujuan
proyek, keterbukaan untuk pihak ketiga kontribusi, dan
ketidaksepakatan teknis sebagai alasan mereka untuk forking. Dengan
Inkscape, mereka mengatakan mereka akan memfokuskan pengembangan pada
penerapan standar SVG lengkap, sedangkan Sodipodi pengembangan
menekankan menciptakan tujuan umum vektor editor grafis, mungkin
dengan mengorbankan SVG.
Sejak tahun 2005, Inkscape
telah berpartisipasi dalam Program Google Summer of Code.
Sampai akhir November 2007, sistem pelacakan bug Inkscape yang diselenggarakan di Sourceforge. Setelah itu dipindahkan ke Launchpad.
Sampai akhir November 2007, sistem pelacakan bug Inkscape yang diselenggarakan di Sourceforge. Setelah itu dipindahkan ke Launchpad.
Salah satu prioritas utama dari
proyek Inkscape ini adalah antarmuka konsistensi dan kegunaan. Ini
termasuk upaya untuk mengikuti pedoman GNOME antarmuka Manusia,
aksesibilitas keyboard universal, dan nyaman di kanvas editing.
Inkscape telah mencapai kemajuan yang signifikan dalam kegunaan sejak
proyek dimulai.
Jumlah
kotak dialog mengambang telah berkurang, dengan fungsi yang tersedia
dengan menggunakan cara pintas keyboard atau di toolbar tersedia pada
jendela pengeditan. Kontrol tool
bar di
bagian atas jendela selalu menampilkan kontrol yang relevan dengan
alat saat ini.
Semua transformasi vektor,
skala, rotasi dan posisi memiliki cara cepat yaitu dengan pengubah
yang konsisten, misalnya, Alt mengubah oleh 1 pixel screen pada saat
zoom, Shift mengalikan transformasi dengan 10, dll), tombol ini
bekerja pada node di Node tool serta pada objek dalam Selector Tool.
Operasi yang paling umum (seperti transformasi, zooming, z-order)
memiliki satu-tombol pintas yang mudah.
Setiap
objek dalam gambar dapat dikenakan transformasi secara acak misalnya
bergerak, berputar, scaling, skewing dan
matriks. Parameter transformasi dapat juga ditentukan secara numerik
melalui dialog Transform. Transformasi dapat di letakkan ke sudut,
kotak, pedoman dan node dari objek lain. Grids, panduan dan sifat
gertakan didefinisikan pada basis per-dokumen. Sebagai alternatif,
sebuah Align dan dialog yang telah disediakan dapat melakukan
tugas-tugas penyelarasan umum pada objek yang dipilih misalnya garis
mereka dalam arah yang ditentukan, ruang mereka sama, menyerakkan
mereka secara acak dan menghapus tumpang tindih antara objek.
Obyek
dapat juga dapat dikelompokkan bersama. Kelompok benda berperilaku
dalam banyak hal seperti objek “atom” misalnya, mereka dapat
kloning atau diberi warna menggunakan cat. Benda yang membentuk
kelompok dapat diedit tanpa harus ungroup terlebih
dahulu, melalui perintah Enter Kelompok, yaitu kelompok yang kemudian
dapat diedit seperti lapisan sementara. Z-urutan benda dapat dikelola
baik dengan menggunakan lapisan, atau secara manual memindahkan objek
ke atas dan ke bawah dalam tumpukan Z. Lapisan dapat dikunci atau
disembunyikan, mencegah memodifikasi dan seleksi disengaja.
Sebuah alat khusus, membuat
Klon Ubin misalnya, disediakan untuk membuat gambar simetris atau
grid-seperti menggunakan simetri pesawat. Obyek dapat dipotong,
disalin dan disisipkan menggunakan clipboard. Namun, pada versi 0.46,
Inkscape menggunakan variabel internal daripada clipboard sistem,
yang membatasi operasi copy dan paste ke salah satu contoh aplikasi.
Obyek dapat disalin antara dokumen dengan membuka mereka dari menu
File di jendela sudah dibuka, bukan dengan membuka file kedua dari
shell sistem operasi.
Tampilan Inkscape: